Cara Mudah Menemukan Sarang Tupai Kekes

Mamalia kecil yang di sebagian wilayah di anggap sebagai hama, ada juga yang menganggap hama kecil ini sebagai hewan peliharaan lucu dan daripa memburunya, sebagian orang ada yang memilih memeliharanya dan dijadikan sebagai hewan peliharaan yang sangat jinak dan bisa diajak bermain layaknya kucing rumahan, tupai kekes memiliki ukuran sangat kecil daripada tupai kelapa dengan mncong yang agak panjang.

Cara menemukan sarang tupai kekes di alam liar atau habitat aslinya, sebelum pada tips ampuh untuk mencari keberadaan sarang tupai kekes, terlebih dahulu kita ketahui apa yang disebut dengan tupai kekes, menurut wikipedia Tupai kekes adalah sejenis mamalia kecil yang termasuk keluarga tupai (suku Tupaiidae. Di daerah yang berbahasa Sunda, hewan ini disebut kekes (kékés). Nama ilmiahnya Tupaia javanica (Horsfield, 1822), dan nama dalam bahasa Inggris Javan treeshrew.

Tupai kekes biasa bersarang di pohon pisang yang sudah busuk, di habitatnya tupai kekes beranak antara 1-3 ekor dalam satu kali berkembang biak, makanan utamanya adalah buah-buahan masak atau yang mentah, oleh sebab itulah di sebagian wilayah tupai kekes dianggap sebagai hama yang sangat mengganggu bagi pertanian buah, tupai kekes hidup di hutan-hutan atau perkebunan yang memiliki pohon rendah seperti salahsatunya di perkebunan kopi, kelapa, pisang, pepaya dan sebagainya.

Makanan utama tupai kekes selain buah-buahan adalah serangga kecil, tupai yang sangat imut satu ini sangat mudah ditemukan meskipun di perkampungan sekalipun karena memang rata-rata jarang diburu anaknya sehingga keberadaannya sangat tersebar banyak, untuk menemukan sarang tupai kekes bisa dengan cara mencari area hutan atau ladang yang banyak ditumbuhi pohon berukuran pendek dan kecil yang rimbun serta terdapat banyak buah.


tupai kekes biasanya bersarang di pohon pisang yang busuk, jika sobat menemukan sebatang pohon pisang bususk maka cobalah untuk melihat bagian dalamnya dan jika ada lobang di dalam dan ada tanda sarang hewan maka itu dapat dipastikan adalah sarang tupai kekes. elain pada pohon pisang busuk, tupai kekes juga kadang bersarang di pohon pisang, sela buah pisang, pohon salak, kelapa dan pohon aren.

Baca juga :  
Nama Latin Hewan
Hewan yang hidup di Laut

Demikian tulisan singkat yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini tentang cara mencari sarang tupai kekes, semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi serta membaca tulisan singkat kami.

Subscribe to receive free email updates: