Buah Asli Indonesia yang Sudah Langka

Indonesia merupakan Negara yang sangat luas dengan kekayaan alam dari wilayahnya yang merupakan daerah kepulauan, tak heran jika Indonesia memiliki banyak jenis tumbuhan asli yang kadang tidak bisa ditemukan di Negara lain, tak hanya tumbuhan saja tapi juga hewan asli Indonesia yang sangat beragam menjadikan Indoneia sebagai Negara kaya akan aneka ragam hewan dan tumbuhan.

Dari berbagai jenis tanaman dan hewan asli Indonesia, diantaranya terdapat jenis buah yang asli dari Indonesia, buah tersebut ada yang memiliki rasa sangat lezat namun sayangnya saat ini sangat sulit mendapatkan buah yang merupakan Asli dari Indonesia atau dikatakan sangat langka, tentunya buah langka asli Indonesia ada yang pernah kita dengar dan ada juga yang belum kita dengar.

Pada kesempatan kali ini akan kami sajikan tentang daftar nama  buah asli Indonesia yang sudah hampir punah dan sudah jarang ditemukan, silahkan lihat pada daftar di bawah ini.

2. Buah Carica



Buah Carica yang lebih dikenal dengan nama buah karika dengan nama latin atau ilmiahnya Carica Pubescens atau Carica candamarcensis merupakan buah yang dapat dikatakan langka, pohonnya hanya bisa tumbuh di beberapa daerah di Dunia saja yang salahsatunya terdapat di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah.pohonnya hanya bisa tumbuh dan berkembang di beberapa tempat tertentu di dunia, dan salah satunya di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Rasa dari buah carica adalah hampir masam dengan aroma wangi yang khas, daging buah yan kenyal, buah ini hampir sama dengan pepaya hanya saja beda di ciri tadi dengan ukuran lebih kecil dibandingkan pepaya pada umumnya.

2. Buah Buni



Buah buni merupakan salahsatu buah yang kini sudah jarang ditemukan, buni memiliki cirri khas yaitu buahnya berada dalam satu tandan dan hampir mirip dengan cranberry, warna buah kekuningan dan hampir kemerahan dengan rasa khas yang masam jika mentah dan manis jika sudah masak, jika dimakan teksturnya berair, oleh Masyarakat kadang buah buni dijadikan sebagai pewarna alami dan dimanfaatkan sebagai bahan rujak atau petis.

Baca Juga :
Nama Latin Sayuran
Nama latin tumbuhan

3. Buah Cempedak



Buah Cempedak banyak terdapat dan tumbuh di daerah Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Pulau Bangka dan Pulau Belitung, bentuknya hampir sama dengan nangka namun bentuk lebih kecil dengan isi daging buah lebih banyak dibandingkan nagka, campedak memiliki rasa lebih manis dan harum jika dibandingkan nangka, rasannya sangat manis jika dimakan langsung (yang sudah masak), olahan bah ini kadang dijadikan keripik, manisan, gorengan atau dimakan langsung.

4. Buah Ciplukan



Buah ciplukan yang dalam nama latin adalah Physialis angulata adalah tanaman liar yang umumnya tumbuh di kebun, tepi hutan, ladang atau sawah didaerah pedesaan, bentuknya hampir mirip dengan cherry hutan yang biasanya baanyak dijumpai di hutan jika musim penghujan karena banyak pasokan air, selain rassanya yang manis, cipulkan juga dipercaya sebagai buah yaang kaya akan manfaat jika dikonsumsi untuk kesehatan

5. Buah Gandaria




Buah gandaria banyak ditemukan di daerah Jawa dan Sumatera, dengan warna buah yang muda berwarna hijau dan kekuningan jika hampir matang, nama gandaria berasal dari kulit ari dan bijinya yang berwarna ungu kemerahan (gandaria), adapun ciri khas dari buah tersebut adalah pada  daunnya yang rimbun dan biasa dijadikan pohon pelindung, rasanya asam meskipun hampir matang.

6. Buah Genitu atau Kenitu


Nama latin Tumbuhan
Buah Kenitu atau Genitu dengan nama ilmiah Chrysophyllum cainito, adalah salah satu buah yang langka, terutama jika tidak pada musimnya, di beberapa daerah seperti sunda menyebutnya sawo aprika, daerah Lampung sering menyebutnya sawo manila, sedangkan orang Jawa Timur menyebutnya manecu atau sawo hijau., rasanya sangat manis jika sudah matang, buah ini nikmat dimakan langsung ataupun di buat sebagai bahan jus atau es buah.

7. Buah Gowok atau Kupa



Gowok adalah salahsatu buah yang langka, buah gowok atau biasa disebut buah kupa merupakan buah yang tergolong jenis jambu-jambuan atau Myrtaceae, buah ini akan tumbuh menempel ditangkai hijau pohonnya, arsanya agak asam dan sangat segar jika di buat petis, daging tebal dan dialamnya ada biji yang lumayan besar.

8. Buah Jamblang atau Duwet



Buah Jamblang atau biasa disebut jambu keling  dan duwet ini memiliki nama latin Syzygium cumini, pohon Jamblang atau duwet memiliki ciri kayu yang kokoh, daun bertekstur kasar yang berbentuk elips, bunga berwarna putih kehijauan yang wangi dan mempunyai buah berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 1,5-3,5 cm. Jika matang buah ini berwarna ungu gelap dan rasanya lezat serta enak saat dimakan.

9. Buah Kesemek



Buah Kesemek memiliki nama lain yakni Oriental persimmon, perbedaan yang mencolok untuk membedakannya adalah pada fisik buah kesemek adalah menyerupai buah apel, namun bedanya ialah pada buah kesemek terdapat sejenis bedak putih yang menyelimuti permukaannya, kesemek yang sudah matang atau masak memiliki warna jingga, tapi ada juga buah kesemek yang berwarna kuning mendekati orange.

10. Buah Manggis Putih



Buah manggis atau nama latinnya Garcinia mangostana, yang dikenal juga dengan nama ratu buah tropis “queen of tropical fruit” ini mempunyai banyak varian, buah ini biasana banyak ditemukan di daerah Lingsor, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Referensi sumber : https://pasberita.com/buah-langka/

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait daftar nama buah Asli Indonesia yang sudah langka dan hampir punah, semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca mengunjuni blog sederhana kami. Temukan informasi lainnya terkait hewan dan umbuhan di blog ini.

Subscribe to receive free email updates: